Susah Menabung

Hai.

Kalo dipikir-pikir, menabung itu manfaatnya banyak banget guys. Walaupun susah dan agak ribet, tapi kalo kita bisa lakuin kenapa nggak? "Ngapain sih lo misah-misahin uang lo segala?" "Udah lo jajan aja sih, daripada laper, terus mati!" "Ntar juga lo pake, jadi abis palingan, udah gausah aja." Hati-hati ya setannya ngebisikin kayak gitu.

Gue salah satu tipe orang yang gampang buat nabung. Tapi gue juga salah satu orang yang gampang banget buat melenyapkan tabungan gue. Kalo kalian tipe orang yang seperti apa dalam menabung?

Ini tips dan trik yang (mungkin) mencegah kalian untuk tidak boros dan rajin menabung.

1. Sisihkan uang jajan kalian pagi-pagi. Jangan pas sore-sore, soalnya bakal kalian jajanin duluan. Uang yang kalian sisihin itu jangan pernah sekali-kali kalian taroh di tas! Bakalan lenyap juga!


2. Jangan jajan semau kalian. Rasakan dulu, perut lo grejak grujek apa enggak, kalo enggak ya usahain jangan jajan. Tapi, it's up to you. Toh, tadi kalian udah nyisihin, jadi ini opsional gitu.

3. Taruh uang tabungan kalian di celengan yang tertutup atau yang paling gampang di bank. Kalo gue di bank, tapi di kelola sama mama gue. Jadi lebih efektif nabungnya, soalnya gue gak bakal bisa ngambil uang tanpa mama gue gitu, otomatis gue juga gak bisa ngambil uang yang udah gue tabung.

4. Kalo mau jalan-jalan, usahain minta uang ke mama dulu, kalo mama gak ngizinin baru pake uang sendiri, paling dibolehin jalan, hehehehe. Tips yang ini menurut aku lumayan berpengaruh. Bayangin aja kalo mau nonton bawa 100k. Bah, kalo pake tabungan langsung merosot, bangkrut gue.

Coba deh kalian cobain yang namanya nabung. Kalo aku sih, ketagihan sampe sekarang.

Yaudah, segitu dulu aja, udahan dulu ya.

0 komentar:

Posting Komentar